Mengapa Perut Terasa Kembung Sesudah Minum kopi ?

Bagi sebagian orang minum kopi adalah sebuah keharusan atau ritual kalau tidak mau dibilang sebagai kopi maniak hehe…yang mana kopi adalah sebuah minuman wajib dalam menjalani aktifitas kehidupan Kesehariannya. Namun tidak semua orang merasakan kenikmatan yang berasal dari biji kopi ini, hal ini dikarnakan bagi sebagian orang ini setelah meminum kopi maka tubuhnya atau khususnya pada bagian perutnya terasa tidak nyaman atau terasa begah atau kembung. Tentu saja ini membuat tidak nyaman dan seringkali orang tersebut kapok untuk meminumnya.

kopi-penyebab-perut-kembung

Namun tidak semua rasa tidak nyaman pada tubuh seperti perut  kembung diakibatkan oleh kopi, bisa jadi hal ini akibat adanya gangguan tertenu pada kondisi tubuh anda. Seorang peneliti yakni seorang Profesor gastroenterology yang bernama Dr Roger Gebhard MD dan berasal dari University of Minnesota mengungkapkan bahwa minuman kopi mampu memicu dan merangsang asam lambung yang berlebih pada saluran pencernaan sehingga juga dapat memicu kejang pada lambung.

Dan inilah penyebab umum perut menjadi kembung akibat dari suka meminum kopi :

Sedang mengalami PMS / Pra Menstruasi Syndrome
Rasa tidak nyaman dan gangguan fisik seperti perut terasa nyeri dan kembung serta seringkali bertambahnya berat badan secara signifikan. Untuk itu bagi para wanita yang sedang mengalami masa PMS sebaiknya tidak mengkonsumsi atau minum kopi secara berlebihan, dikarnakan kondisi ini bisa memicu perut menjadi semakin kembung dan keram.

Terkena Diare
Seseorang yang telah terkena diare sebelumnya biasanya juga akan merasakan mulas, perut kembung dan begah. Apabila seseorang yang sudah terkena diare ini nekad untuk tetap meminum kopi maka tentu saja rasa kembung dan nyeri menjadi lebih buruk dan parah terlebih jika kondisi lambungnya sudah tidak normal maka tentu saja diarenya akan semakin berat.

Pencernaan yang tidak normal / gangguan pada system pencernaan.
Tubuh manusia yang sedang mengalami gangguan pada pencernaan tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi dikarnakan minuman ini bisa membuat kondisi tubuhnya semakin menjadi lebih parah dan kronis selain kondisi perut menjadi kembung namun juga bisa menimbulkan penyakit tukak lambung. Pada kondisi ini sebaiknya untuk selalu memperhatikan makanan dan minuman yang bisa memicunya selain dari kopi.

Alergi Laktosa
Bagi anda yang sedang mengalami alergi pada laktosa akibat dari tubuh yang menolak produk olahan yang berasal dari susu hewani bisa juga mengalami yang namanya perut kembung dan begah. Hal ini bisa terjadi karna didalam secangkir kopi mengandung sifat asam terlebih jika kita menambahkan tambahan susu didalamnya, maka yang terjadi adalah penningkatan produksi gas pada system pencernaan.

Selain perut terasa menjadi kembung dan juga tidak nyaman akibat kopi ternyata hal lainnya seperti merokok, makan dan minum yang terlalu cepat, makan sayur sayuran tertentu yang memicu produksi gas didalam tubuh jika dikonsumsi seperti kol, kacang dan lain lainnya. Untuk menghindari gejala dan keluhan perut kembung sebaiknya anda mengenali kondisi kesehatan anda sebelum mengkonsumsi dan meminum kopi. Ada banyak cara untuk menikmati kopi namun jangan sampai anda tersiksa akibat kopi…. Salam Kopi.

Dampak buruk buah stroberry bagi kesehatan

Buah Strawberry
Buah Strawberry

Seperti yang sudah umumnya diketahui, buah buahaan merupakan sumber utama dari vitamin vitamin yang diperlukan untuk kesehatan tubuh kita. Selain memiliki kandungan vitamin vitamin yang dapat menyehatkan tubuh, masing masing dari buah tersebut memiliki bentuk yang unik serta rasa yang berbeda beda. Sebut saja buah stroberry, buah yang memiliki warna merah jambu ini serta rasanya yang asam asam manis sangat menarik banyak orang untuk mengkonsumsinya. Buah stroberi dikenal sebagai salah satu makanan yang sehat bagi kesehatan tubuh. Buah stroberry memiliki kandungan vitamin C, serat dan folat, serta zat-zat yang dapat membantu menangkal peradangan serta mencegah terjadinya beberapa penyakit pada tubuh. Meskipun dapat memberikan kesehatan bagi tubuh kita, pada saat kondisi tertentu, mengkonsumsi stroberi juga dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Berikut dampak buruk dari stroberry bagi kesehatan
• Residu Pestisida
Environmental Working Group (EWG) menganalisis bahwa stroberi menduduki peringkat ke 2 pada daftar makanan yang berhubungan dengan residu pestisida. Namun hal itu tidak membuat EWG menyarankan orang-orang untuk berhenti atau menghindari mengkonsumsi stroberi, karena stroberry memiliki manfaat kesehatan lebih besar daripada risiko potensial yang terjadi akibat dari residu pestisida. Jika tersedia pilihlah stroberry organik, jika tidak ada cukup cuci bersih stroberry tersebut sebelum memakannya.

Jamur
Selain residu pestisida, stroberry juga sangat rentan rusak dan terjangkit jamur. Makan stroberry sesegera mungkin setelah anda membelinya. Jika terlihat terdapat tanda-tanda jamur, buang seluruh buah yang berada dalam satu wadah. Stroberry adalah buah yang lembut, dan jamur yang ada di permukaan akan menyebar dengan mudah ke buah lainnya yang terdapat pada wadah tersebut.

• Alergi Stroberi
Dampak buruk selanjutnya adalah dapat menyebabkan alergi. Jika Anda memiliki alergi terhadap buah stroberry, maka dapat menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan bahkan berbahaya untuk tubuh ktia. Gejala tersebut dapat berupa gatal-gatal, diare, muntah dan sesak di tenggorokan. Hindari stroberry jika memang terdapat alergi terhadap mereka, dan dapatkan bantuan medis jika mengalami gejala serius seperti mengalami gangguan pada saluran pernapasan.

• Bakteri
Dampak buruk yang terakhir adalah buah stroberry mudah terserang bakteri. Apabila buah stroberry tersebut terlihat sudah tidak segar maka sebaiknya jangan dikonsumsi karena buah stroberry tersebut sudah mengandung bakteri. Dan bakteri tersebut dapat memberikan gangguan pada kesehatan tubuh kita seperti halnya dapat memberikan gangguan pada pencernaan.

Buah stroberry memang dapat memberikan kesehatan yang baik bagi tubuh Anda namun sebaiknya tetap memerhatikan hal-hal di atas agar Anda tidak mendapatkan dampak buruk bagi kesehatan. Semoga bermanfaat