Informasi Seputar Penyakit Miom

Penyakit miom adalah penyakit tumor jinak di rahim atau dileher rahim. Sebuah mioma mungkin berdarah, terinfeksi, mengganggu buang air kecil, atau menyebabkan nyeri selama hubungan seksual. Hal ini bisa dilihat atau merasakan adanya mioma selama pemeriksaan panggul oleh ahli medis / dokter. Mioma yang menyebabkan gejala dapat diangkat melalui pembedahan atau operasi.

Mioma adalah tumor jinak yang terdiri sebagian dari jaringan otot. Mereka jarang berkembang di leher rahim, bagian bawah rahim. Ketika mereka melakukannya, mereka biasanya disertai dengan mioma di bagian atas lebih besar dari rahim. Mioma di bagian rahim juga disebut fibroid.

mioma serviks besar sebagian dapat menghalangi saluran kemih atau mungkin menonjol (prolaps) ke dalam organ reproduksi wanita. Luka kadang-kadang mengembangkan pada mioma prolaps, yang dapat terinfeksi, berdarah, atau keduanya. Mioma prolaps juga dapat memblokir aliran urin.

gejala miom

Kebanyakan mioma serviks akhirnya menimbulkan gejala. Gejala yang paling umum adalah :

  • Perdarahan dari vagina, yang mungkin tidak teratur atau berat
  • perdarahan berat dapat menyebabkan anemia, kelelahan dan kelemahan. Hubungan intim mungkin menyakitkan.
  • Jika mioma terinfeksi, mereka dapat menyebabkan nyeri, perdarahan, atau keluarnya cairan dari vagina.

Miom menyebabkan gejala seperti perasaan tekanan atau benjolan di perut. Jika miom ini menghambat aliran urin, wanita mungkin memiliki awal yang ragu-ragu ketika buang air kecil, sulit buang air kecil, dan menahan hasrat ingin kencing. Infeksi saluran kemih lebih mungkin bisa terjadi akibat gangguan ini.

Diagnosa dan pengobatan miom yang umum dilakukan yakni salah satunya dengan pemeriksaan panggul terkadang-kadang ultrasonografi. Dokter sering dapat mendeteksi mioma selama pemeriksaan fisik. Selama pemeriksaan panggul dokter dapat melihat mioma, terutama jika prolaps. Atau dokter mungkin merasa mioma ketika mereka memeriksa ukuran dan bentuk rahim dan leher rahim.

Jika diagnosis pasti, dokter mungkin menyisipkan perangkat USG melalui vagina ke dalam rahim untuk mendapatkan gambar dari daerah. Prosedur ini, yang disebut transvaginal ultrasonografi, juga dilakukan untuk memeriksa penyumbatan aliran urin dan untuk mioma tambahan.
Tes darah dilakukan untuk memeriksa anemia.
Sebuah Papanicolaou (Pap) atau human papillomavirus tes (HPV) tes virus hpv dilakukan untuk menyingkirkan kanker serviks.

Pengobatan
Jika mioma menimbulkan gejala bisa dilakukan tindakan operasi, namun jika mioma kecil dan tidak menimbulkan gejala apapun, tidak ada perawatan yang diperlukan hanya menggunakan obat miom saja.

Jika mereka menyebabkan gejala, mereka pembedahan jika mungkin / prosedur tindakan yang disebut miomektomi. Perempuan masih bisa melahirkan anak jika miom didalam tubuhnya segera diangkat. Namun, jika mioma besar, pengangkatan seluruh rahim/histerektomi mungkin diperlukan. Entah prosedur dapat dilakukan dengan membuat sayatan besar di perut / laparotomi. Kadang-kadang prosedur ini dapat dilakukan dengan instrumen dimasukkan melalui satu atau lebih sayatan kecil di dekat pusar/laparoskopi.

Article source : www.merckmanuals.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *