Khasiat Kurma si Buah Khas dari Tanah Arab

buah-kurmaAda begitu banyak khasiat kurma. Buah yang satu ini biasanya banyak beredar ketika bulan Ramadhan. Pohon kurma sebelumnya telah menjadi bagian dari masyarakat Mesir kuno. Di zaman dahulu, pohon kurma dimanfaatkan sebagai pondasi. Sedangkan daun kurma digunakan untuk atap atau tikar. Buah kurma sendiri dikonsumsi karena memiliki banyak kandungan vitamin. Kurma adalah jenis makanan yang bisa disimpan sangat lama dan mampu bertahan dalam waktu lama juga. Meskipun sudah disimpan lama, kandungan gizi di dalamnya tidak akan berkurang. Sehingga pada zaman dahulu, bangsa Arab selalu membawa kurma ketika dalam perjalanan panjang.

Beberapa Khasiat dan Manfaat Kurma yang Penting untuk Diketahui
Kurma memang buah yang memiliki banyak kandungan gizi. Terdapat banyak zat gula dan 6 unsur makanan penting seperti lemak, vitamin, protein, mineral, dan air. Tujuh butir buah kurma setara dengan 100 gram yang mengan gula 75gr, glukoasa, frugkrosa, sukrosa, selulosa. Selain itu kurma juga mengandung selulosa 4gr air 22.5 protein 2.5gr, lemak 2.5 gr, mineral potassium 79 gr, mengandung fosfat 21miligram, belerang 65 miligram zat besi 5 miligram, magnesium 65 miligram, kalsium 65 miligram, fosfor 72 miligram, serta mengandung 7 asam amino esensial yaitu lisin, valin, leosin, arginin, teorinin, isalosin dan tritopan, vitamin A 65miligram B1 0.08 miligram B2 0.05 CO 2 hingga 2.6miligram, juga asam glutation sebagai antioksidan 100 gram kurma mengandung 350 kalori. Kurma juga memiliki kandungan kalsium mangan, vitamin K, dan Bkompleks. Tidak heran jika ada begitu banyak khasiat kurma yang bisa kita dapatkan.

Buah kurma dapat digunakan sebagai penangkal racun. Memakan 7 butir buah kurma setiap hari dapat membantu melawan racun. Hal ini bisa terjadi karena kurma memiliki kandungan vitokimia serta antioksidan. Khasiat kurma yang lainnya juga sebagai sumber energi. Buah ini memiliki kandungan energi yang baik untuk tubuh. Sehingga tidak salah jika seringkali dijadikan makanan berbuka puasa. Buah kurma juga merupakan salah satu jenis buah kaya serat yang dapat membantu selaput lendir usu mengikat bahan kimia. Dengan begitu dapat mencegah kanker usus besar.

Manfaat yang didapatkan dari kurma tidak sampai disitu saja. Buah yang satu ini baik untuk melancarkan buang air besar. Selain itu, kandungan tannin pada kurma juga bisa menjadi anti infeksi, anti inflamasi, dan anti hermaracik. Kurma juga memiliki kandungan vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata, kesehatan kulit dan melindungi paru-paru serta mulut dari serangan kanker. Kurma juga menjadi sumber zat besi yang baik. Kandungan zat besi ini sangat penting bagi komponen hemoglobin di dalam sel darah merah. Karena menentukan daya dukung oksigen di dalam darah. Selain itu, kurma juga mengandung kalium yang bisa mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah sehingga bisa melindung anda dari penyakit jantung koroner dan stroke. Itulah beberapa khasiat kurma.

sumber : www.vegetafruit.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *